Buah Parijoto

Buah parijoto dan manfaatnya

Blogatanaman.c0m – Buah Parijoto banyak di temukan di daerah gunung Muria Kudus Jawa Tengah. Di ketahui buah ini tumbuh alami di kawasan Kalimantan,Jawa dan Fhilipina. Buah ini ternyata sangat terkenal di kalangan masyarakat kudus, parijoto dipercaya dapat meningkatkan kesuburan hormonal pada wanita hingga menjaga fisik bayi dalam kandungan.

Memiliki nama ilmiah “Medinilla speciosa L” kerap juga disebut anggur Asia, parijoto memiliki bentuk yang menyerupai anggur tapi ukurannya lebih kecil dengan warna kemerahan.

Tanaman Hias dan Obat

Buah ini memang sangat cantik dan menggoda. Karena kecantikannya inilah, tanaman ini sering kali di jadikan sebagai tanaman hias ketimbang tanaman obat. Padahal tanaman ini memiliki beberapa kandungan seprti antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin yang dapat menangkal radikal bebas masuk ke tubuh.

5 Manfaat Buah Parijoto

1.Meningkatkan Kesuburan

Buah parijoto memiliki antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin, yang dapat menangkal efek berbahaya dari radikal bebas bagi tubuh. Hal ini dibuktikan dari penelitian Ethnobotany of utilization, role, and philosopical meaning of Parijoto yang di terbitkan oleh American Institute of Physics.

2.Mengatasi Diare

Dalam penelitian Jurnal Ethnobotany of utilization, role, and philosopical meaning of Parijoto, disebutkan juga bahwa manfaat tanaman ini dapat membantu mengatasi diare. Dengan cara

  • Mengambil 15-20 gram daun parijoto segar, lalu dicuci
  • Kemudian rebus dengan 450 ml air hingga mendidih selama kira-kira 15 hingga 20 menit.
  • Saring setelah dingin, minum sebanyak dua kali sehari.

3. Mengobati Sariawan

Cara membuat obat untuk sariawan dari parijoto adalah :

  • Ambil buah parijoto segar sebanyak 4 atau 6 gram, lalu cuci.
  • Lalu tumbk halus dan larutkan kedalam sekitar 100 ml air mineral, kemudian gunakan untuk berkumur sebanyak 2 kali sehari sampai sariawan hilang.
  • Gunakan untuk berkumur jiga terdapat sisa airnya.

4. Mampu Menurukan Berat Badan

Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Antihyperlipidemic and Anti-obesity Effect of The Methanolic Extract of Parijoto menunjukan bahwa ekstrak metanol parijoto (M speciosa) pada tikus, menurukan kadar trigliserida secara bertahap dan menurukan bobot badan hingga 34% dan jaringan adiposa di peritoneum tikus hiperlipidemia.

5. Obat Kolestrol

Memakan buah parijoto secara langsung (tanpa dimasak) dapat menjadi obat untuk kolestrol. Tapi ingat cuci dulu sebelum dimakan langsung ya.

Sebenarnya masih banyak manfaat dari buah parijoto ini, kamu bisa cek langsung di artikel terkait. Tentang “15 manfaat buah parijoto

Buah yang memiliki banyak manfaat ini membutuhkan tanah yang lembab dan berhumus, cocok di tanamn pada ketinggian 800 m -2.300 mdpl. Oleh karena itu buah parijoto banyak di budidayakan di daerah dataran tinggi.

Berikut cara budidaya tanaman parijoto :

Penanaman Buah Parijoto

  • Pada umumnya parijoto perlu di semai terlebih dahulu, tanaman ini di perbanyak melalu biji.
  • Siapkan wadah persemaian berupa polybag, kotak kayu atau kotak plastik.
  • Semai benih di dalam tempat yang sudah di berikan media semai setebal kurang lebih 3 cm, media tumbuh merupakan campuran dari pupuk kandang atau kompos halus dengan tanah yang berbanding 1:1.
  • Basahi media tanam secara merata, kemudian biji atau benih di sebar secara merata pula dan bisa di tutup dengan tanah halus setebal kurang lebih 1 cm.
  • Setiap lubang bisa di isi dengan 1-2 biji, siram setiap hari dengan air secukupnya hingga bibit parijoto berkecambah.
  • Jika sudah berdaun 4 atau lebih, parijoto siap untuk dipindahkan ke dalam pot.
  • Penanaman di dalam pot perlu menyediakan media tanah, kompos, sekap dengan perbandingan 2:1:1.

Pemeliharaan

  1. Siram secara rutin 2 kali sehari, pagi dan sore.
  2. Bersihkan rumput atau gulma yang ada di sekitar tanaman parijoto
  3. Memberikan insektisida secara teratur, dapat menanggulangi hama dan penyakit.

Pemupukan

Beberapa pemupukan yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman parijoto adalah, menggunakan pupuk organik padat, pupuk organik cair, zat pengatur tumbuh organik, dan nutrisi buah organik.

Pemanenan tanaman parijoto dapat dilakukan ketika berumur satu tahun. Buahnya memiliki warna merah buda ketika belum matang, dan merah keunguan bila sudah matang. Parijoto akan berbunga pada November sampai Januari, kemudian buah ini dapat dipanen antara Maret – Mei.

 

Tinggalkan komentar